RPP - 01

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)


Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 10 X 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi Dasar :

  • Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
  • Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
  • Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Tujuan : Siswa mampu memahami memahami Kehidupan Sosial Manusia
I. Indikator
  • Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
  • Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
  • Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
  • Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
II. Materi Ajar
  • Pengertian interaksi sosial
  • Pengertian proses sosial
  • Syarat interaksi sosial
  • Pengertian sosialisasi
  • Media sosialisasi
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
  • Interaksi primer
  • Interaksi sekunder
III. Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa memahami interaksi sosial.
  • Guru dan siswa mendiskusikan interaksi sosial.
Kegiatan inti
  • Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
  • Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
  • Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
  • Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
  • Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
  • Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
Kegiatan akhir
  • Guru menyimpulkan interaksi sosial.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • Kliping.
  • Lingkungan sosial sekitar
VI. Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio


                                                                       Palu, 5 Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                          Guru Mata Pelajaran


Drs. Padlilah, MM                                         Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                        Nip. 19731004 2007011 011








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)


Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : XII / 1

Alokasi Waktu : 12 x 45 menit

Standar Kompetensi : 5. Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas

Kompetensi Dasar :
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
Tujuan : Siswa mampu memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.

Indikator
  • Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
  • Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
  • Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
  • Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
  • Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul
Materi Ajar
  • Pengertian dan ciri struktur sosial
  • Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
  • Pengertian konflik sosial
  • Faktor-faktor penyebab konflik sosial
  • Bentuk pengendalian konflik sosial
  • Dampak konflik sosial

Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
  • Guru meminta siswa mendengarkan keterangan mengenai memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
  • Guru dan siswa mendiskusikan memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
Kegiatan inti
  • Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
  • Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
  • Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
  • Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
  • Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
Kegiatan akhir
  • Guru menyimpulkan memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
VII. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • kliping
  • Lingkungan sosial sekitar
VIII. Penilaian
  • Laporan hasil eksperimen
  • Uji kompetensi tertulis


                                                                                    Palu, 5 Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                       Guru Mata Pelajaran

Drs. Padlilah, MM                                                       Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                                      Nip. 19731004 2007011 011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 03)


Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : XII / 1

Alokasi Waktu : 20 X 45 menit
Standar Kompetensi : 6. Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural
Kompetensi Dasar :
6.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
6.2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
6.3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Tujuan : Siswa mampu menjelaskan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .

Indikator
  • Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
  • Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada
  • Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
  • Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
  • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
  • Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
  • Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
  • In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner
Materi Ajar
  • Pengertian kelompok sosial
  • Pengertian masyarakat multikultural
  • Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
  • Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
  • Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia
  • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
  • Gemeinschaft dan gesselschaft
  • Kelompok primer dan kelompok sekunder
  • In-group dan out-group
Metode Pembelajarn
  • · Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Langkah Langkah pembelajaran
  • Kegiatan awal
  • Guru meminta siswa mendengarkan keterangan mengenai berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
  • Guru dan siswa mendiskusikan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
 Kegiatan inti
  • Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
  • Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
  • Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
  • Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi
Kegiatan akhir
  • Guru menyimpulkan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

IX. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • kliping
  • Lingkungan sosial sekitar
X. Penilaian
  • Laporan hasil eksperimen
  • Uji kompetensi tertulis


                                                                                                  Palu, 5 Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                                     Guru Mata Pelajaran

Drs. Padlilah, MM                                                                     Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                                                    Nip. 19731004 2007011 011




0 komentar:

Posting Komentar