RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 10 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi Dasar :
- Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
- Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
I. Indikator
- Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
- Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
- Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
- Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- Pengertian interaksi sosial
- Pengertian proses sosial
- Syarat interaksi sosial
- Pengertian sosialisasi
- Media sosialisasi
- Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
- Interaksi primer
- Interaksi sekunder
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Kegiatan awal (10 menit)
- Guru meminta siswa memahami interaksi sosial.
- Guru dan siswa mendiskusikan interaksi sosial.
- Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
- Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
- Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
- Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
- Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
- Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
- Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- Guru menyimpulkan interaksi sosial.
- Buku-buku sosiologi
- Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
- Koran
- Gambar/
- Kliping.
- Lingkungan sosial sekitar
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Palu, 5 Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 2007011 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas
Kompetensi Dasar :
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
Tujuan : Siswa mampu memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
Indikator
- Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
- Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
- Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
- Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
- Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul
- Pengertian dan ciri struktur sosial
- Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
- Pengertian konflik sosial
- Faktor-faktor penyebab konflik sosial
- Bentuk pengendalian konflik sosial
- Dampak konflik sosial
Metode Pembelajarn
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal
- Guru meminta siswa mendengarkan keterangan mengenai memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
- Guru dan siswa mendiskusikan memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
- Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
- Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
- Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
- Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
- Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
- Guru menyimpulkan memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik Dan Mobilitas.
- Buku-buku sosiologi
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
- Koran
- Gambar/
- kliping
- Lingkungan sosial sekitar
- Laporan hasil eksperimen
- Uji kompetensi tertulis
Palu, 5 Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 2007011 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 03)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 20 X 45 menit
Standar Kompetensi : 6. Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural
Kompetensi Dasar :
6.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
6.2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
6.3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .
Indikator
- Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
- Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada
- Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
- Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
- Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
- Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
- Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
- In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner
- Pengertian kelompok sosial
- Pengertian masyarakat multikultural
- Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
- Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
- Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia
- Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
- Gemeinschaft dan gesselschaft
- Kelompok primer dan kelompok sekunder
- In-group dan out-group
- · Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
- Kegiatan awal
- Guru meminta siswa mendengarkan keterangan mengenai berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
- Guru dan siswa mendiskusikan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
- Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
- Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
- Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
- Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
- Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
- Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi
- Guru menyimpulkan berbagai kelompok sosial, perkembangan kelompok sosial serta keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
IX. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku sosiologi
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
- Koran
- Gambar/
- kliping
- Lingkungan sosial sekitar
- Laporan hasil eksperimen
- Uji kompetensi tertulis
Palu, 5 Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 2007011 011
0 komentar:
Posting Komentar