RPP - 02

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 01)

Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan budaya hubungan antar budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya

I. Indikator

  • Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
  • Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
  • Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
  • Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
  • Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
  • Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
  • Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
  • Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
  • Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
  • Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari 
II. Materi Ajar

  • Pengertian budaya dan budaya lokal
  • Unsur-unsur budaya
  • Macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Dampak masuknya budaya asing
  • Hubungan antarbudaya
  • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
  • Manfaat keberagaman budaya

Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
  • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
  • Pentingnya integrasi nasional
  • Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Menghargai budaya orang lain
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal
III. Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV. Langkah Langkah pembelajaran

Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
  • Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.

Kegiatan inti (70 menit)
  • Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
  • Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
  • Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
  • Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
  • Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakatsetempat.
  • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
  • Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
  • Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
  • Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
  • Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal

Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
  • Koran
  • Gambar/ kliping
  • Lingkungan sosial & alam sekitar
  • Benda-benda budaya

VI. Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio


                                                                    Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                           Guru Mata Pelajaran



Drs. Padlilah, MM                                     Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                    Nip. 19731004 200701 1 011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 02)

Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan budaya hubungan antar budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya

I. Indikator
  • Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
  • Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya

II. Materi Ajar
  • Pengertian budaya dan budaya lokal
  • Unsur-unsur budaya
  • Macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Dampak masuknya budaya asing
  • Hubungan antarbudaya
  • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
  • Manfaat keberagaman budaya

Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
  • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
  • Pentingnya integrasi nasional
  • Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Menghargai budaya orang lain
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal

III. Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)

  • Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
  • Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.

Kegiatan inti (65 menit)
  • Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
  • Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
  • Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
  • Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
  • Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakatsetempat.
  • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
  • Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
  • Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
  • Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
  • Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal

Kegiatan akhir (10 Menit)
  • Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
  • Koran
  • Gambar/ kliping
  • Lingkungan sosial & alam sekitar
  • Benda-benda budaya

VI. Penilaian
  • Tes lisan Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio


                                                                                      Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran



Drs. Padlilah, MM                                                       Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                                      Nip. 19731004 200701 1 011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 03)

Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional.
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya


I. Indikator
  • Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
  • Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
  • Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
  • Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
  • Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
  • Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya

Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
  • Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
  • Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
  • Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
  • Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari

II. Materi Ajar
  • Pengertian budaya dan budaya lokal
  • Unsur-unsur budaya
  • Macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Dampak masuknya budaya asing
  • Hubungan antarbudaya
  • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
  • Manfaat keberagaman budaya

Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
  • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
  • Pentingnya integrasi nasional
  • Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Menghargai budaya orang lain
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal

III. Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
  • Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.

Kegiatan inti (65 menit)
  • Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
  • Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
  • Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
  • Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
  • Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakatsetempat.
  • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
  • Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
  • Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya. Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
  • Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal

Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
  • Koran
  • Gambar/ kliping
  • Lingkungan sosial & alam sekitar
  • Benda-benda budaya

VI. Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio

                                                                Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                      Guru Mata Pelajaran



Drs. Padlilah, MM                                Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013               Nip. 19731004 200701 1 011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 04)

Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya


I. Indikator
  • Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
  • Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
  • Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
  • Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
  • Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya

Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
  • Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
  • Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
  • Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
  • Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari

II. Materi Ajar
  • Pengertian budaya dan budaya lokal
  • Unsur-unsur budaya
  • Macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Dampak masuknya budaya asing
  • Hubungan antarbudaya
  • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
  • Manfaat keberagaman budaya

Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
  • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
  • Pentingnya integrasi nasional
  • Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Menghargai budaya orang lain
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal

III. Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
  • Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.

Kegiatan inti (65 menit)
  • Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
  • Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
  • Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
  • Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
  • Tugas individu tentang

contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.
  • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
  • Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
  • Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
  • Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
  • Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal

Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
  • Koran
  • Gambar/ kliping
  • Lingkungan sosial & alam sekitar
  • Benda-benda budaya

VI. Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio

                                                                                 Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Padlilah, MM                                                    Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                                   Nip. 19731004 200701 1 011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 05)

Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya

I. Indikator
  • Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
  • Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
  • Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
  • Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
  • Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
  • Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
  • Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya

Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
  • Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
  • Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
  • Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
  • Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari

II. Materi Ajar
  • Pengertian budaya dan budaya lokal
  • Unsur-unsur budaya
  • Macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Dampak masuknya budaya asing
  • Hubungan antarbudaya
  • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
  • Manfaat keberagaman budaya

Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
  • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
  • Pentingnya integrasi nasional
  • Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
  • Menghargai budaya orang lain
  • Menjaga dan melestarikan budaya lokal

III. Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
  • Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.

Kegiatan inti (65 menit)
  • Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
  • Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
  • Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
  • Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
  • Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
  • Tugas individu tentang

contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.
  • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
  • Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
  • Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
  • Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
  • Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal

Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.

V. Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku-buku antropologi
  • Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
  • Koran
  • Gambar/ kliping
  • Lingkungan sosial & alam sekitar
  • Benda-benda budaya

VI. Penilaian

  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio


                                                                                   Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran


Drs. Padlilah, MM                                                     Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013                                    Nip. 19731004 200701 1 011







0 komentar:

Posting Komentar