RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 01)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan budaya hubungan antar budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya
I. Indikator
- Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
- Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
- Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
- Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
- Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
- Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
- Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
- Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
- Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
- Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
- Pengertian budaya dan budaya lokal
- Unsur-unsur budaya
- Macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Dampak masuknya budaya asing
- Hubungan antarbudaya
- Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
- Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
- Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
- Pentingnya integrasi nasional
- Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Menghargai budaya orang lain
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (10 menit)
- Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
- Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.
Kegiatan inti (70 menit)
- Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
- Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
- Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
- Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
- Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakatsetempat.
- Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
- Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
- Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
- Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
- Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
Kegiatan akhir (10 menit)
- Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
- Koran
- Gambar/ kliping
- Lingkungan sosial & alam sekitar
- Benda-benda budaya
VI. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 200701 1 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 02)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan budaya hubungan antar budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya
I. Indikator
- Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
- Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
II. Materi Ajar
- Pengertian budaya dan budaya lokal
- Unsur-unsur budaya
- Macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Dampak masuknya budaya asing
- Hubungan antarbudaya
- Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
- Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
- Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
- Pentingnya integrasi nasional
- Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Menghargai budaya orang lain
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal
III. Metode Pembelajarn
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
- Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
- Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.
Kegiatan inti (65 menit)
- Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
- Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
- Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
- Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
- Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakatsetempat.
- Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
- Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
- Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
- Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
- Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
Kegiatan akhir (10 Menit)
- Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
- Koran
- Gambar/ kliping
- Lingkungan sosial & alam sekitar
- Benda-benda budaya
VI. Penilaian
- Tes lisan Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 200701 1 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 03)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional.
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya
I. Indikator
- Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
- Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
- Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
- Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
- Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
- Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
- Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
- Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
- Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
- Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Ajar
- Pengertian budaya dan budaya lokal
- Unsur-unsur budaya
- Macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Dampak masuknya budaya asing
- Hubungan antarbudaya
- Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
- Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
- Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
- Pentingnya integrasi nasional
- Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Menghargai budaya orang lain
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal
III. Metode Pembelajarn
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
- Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
- Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.
Kegiatan inti (65 menit)
- Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
- Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
- Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
- Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
- Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakatsetempat.
- Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
- Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
- Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya. Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
- Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
Kegiatan akhir (10 menit)
- Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
- Koran
- Gambar/ kliping
- Lingkungan sosial & alam sekitar
- Benda-benda budaya
VI. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 200701 1 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 04)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya
I. Indikator
- Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
- Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
- Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
- Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
- Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
- Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
- Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
- Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
- Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Ajar
- Pengertian budaya dan budaya lokal
- Unsur-unsur budaya
- Macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Dampak masuknya budaya asing
- Hubungan antarbudaya
- Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
- Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
- Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
- Pentingnya integrasi nasional
- Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Menghargai budaya orang lain
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal
III. Metode Pembelajarn
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
- Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
- Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.
Kegiatan inti (65 menit)
- Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
- Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
- Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
- Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
- Tugas individu tentang
contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.
- Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
- Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
- Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
- Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
- Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
Kegiatan akhir (10 menit)
- Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
- Koran
- Gambar/ kliping
- Lingkungan sosial & alam sekitar
- Benda-benda budaya
VI. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 200701 1 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 05)
Nama Sekolah : SMK Negeri 8 Palu
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
Kompetensi Dasar : 7.4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
Tujuan : Siswa mampu memahami kesamaan dan keberagaman budaya
I. Indikator
- Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
- Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
- Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
- Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
- Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
- Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
- Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
- Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
- Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
- Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
- Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Ajar
- Pengertian budaya dan budaya lokal
- Unsur-unsur budaya
- Macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Dampak masuknya budaya asing
- Hubungan antarbudaya
- Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
- Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
- Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
- Pentingnya integrasi nasional
- Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
- Menghargai budaya orang lain
- Menjaga dan melestarikan budaya lokal
III. Metode Pembelajarn
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
- Guru meminta siswa memahami kesamaan dan keberagaman budaya.
- Guru dan siswa mendiskusikan kesamaan dan keberagaman budaya.
Kegiatan inti (65 menit)
- Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
- Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
- Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
- Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya.
- Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya.
- Tugas individu tentang
contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.
- Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
- Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
- Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
- Simulasi tentang menghargai budaya orang lain.
- Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
Kegiatan akhir (10 menit)
- Guru menyimpulkan kesamaan dan keberagaman budaya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku antropologi
- Buku-buku pegangan antropologi SMA / SMK
- Koran
- Gambar/ kliping
- Lingkungan sosial & alam sekitar
- Benda-benda budaya
VI. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Palu, ...... Februari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Padlilah, MM Arif, S.Pd
Nip. 19571128 198503 1 013 Nip. 19731004 200701 1 011
0 komentar:
Posting Komentar